Jumat, 02 Desember 2011 | By: srii rahmii

ASAL-USUL AGAMA BUDHA

MUNCULNYA AGAMA BUDHA
Agama Buddha lahir di negara India, lebih tepatnya lagi di wilayah Nepal sekarang, sebagai reaksi terhadap agama Brahmanisme. Sejarah agama Buddha mulai dari abad ke-6 SM sampai sekarang dari lahirnya Siddharta Gautama. Dengan ini, ini adalah salah satu agama tertua yang masih dianut di dunia. Agama Buddha berkembang dengan unsur kebudayaan India, ditambah dengan unsur-unsur kebudayaan Helenistik (Yunani), Asia Tengah, Asia Timur dan Asia Tenggara. Dalam proses perkembangannya, agama ini praktis telah menyentuh hampir seluruh benua Asia dan telah menjadi agama mayoritas di beberapa negara Asia seperti Thailand, Singapura, Kamboja, Myanmar, Taiwan, dsb. Pencetusnya ialah Siddhartha Gautama yang dikenal sebagai Gautama Buddha oleh pengikut-pengikutnya. Ajaran Buddha sampai ke negara Tiongkok pada tahun 399 Masehi, dibawa oleh seorang bhiksu bernama Fa Hsien. Masyarakat Tiongkok mendapat pengaruhnya dari Tibet disesuaikan dengan tuntutan dan nilai lokal.
Setiap aliran Buddha berpegang kepada Tripitaka sebagai rujukan utama karena dalamnya tercatat sabda dan ajaran sang hyang Buddha Gautama. Pengikut-pengikutnya kemudian mencatat dan mengklasifikasikan ajarannya dalam 3 buku yaitu Sutta Piṭaka (kotbah-kotbah Sang Buddha), Vinaya Piṭaka (peraturan atau tata tertib para bhikkhu) dan Abhidhamma Piṭaka (ajaran hukum metafisika dan psikologi).

Lahirnya Budha adalah hasil perenungan Sidharta Gautama yang kemudian dikenal sebagai Sang Budha. Lahir 563 S.M. dari Raja Sudhodana kerajaan Kosalla di Kapilawastu. Tahun 531 Sidharta Gautama mendapatkan pencerahan dari hasil perenungan dan pengalamannya.(yang akhirnya dinamakan sang Buddha /Orang yang tercerahkan).
Ajaranya dinamakan Trsna (menindas nafsu) dengan cara 8 jalan (astavidha)dan Triratna. Kitab sucinya: Tripitaka, yang terdiri dari
- Winayapitaka
- Sutrantapitaka
- Abdidarmapitaka.

Agama budha mencapai puncaknya pada masa kekuasaan raja Ashoka (273- 232 s.m.)
Dalam perkembangannya budha menjadi 2 aliran yaitu :
a. Mahayana (kendaraan besar) : harus memikirkan orang lain / bersikap terbuka.
b. Hinayana (kendaraan kecil) :pentingnya diri sendiri untuk mencapai nirwana /bersikap tertutup.

0 komentar:

Poskan Komentar